gambar belakang
Chatbot Bantu Penjual Kelola online Shop di Musim Belanja
Chatbot Bantu Penjual Kelola online Shop di Musim Belanja
Chatbot Bantu Penjual Kelola online Shop di Musim Belanja

Penggunaan teknologi chatbot yang berbasis kecerdasan buatan dinilai membantu penjual mengelola toko mereka terutama saat musim belanja online.

“Membangun toko online tentu banyak tantangannya. Layanan pelanggan menjadi salah satu faktor yang menentukan kinerja sebuah toko online, dan kami paham bukan hal yang mudah untuk melayani pelanggan dengan cepat,” kata Direktur Eksekutif dan Chief Costumer Officer Lazada Indonesia Ferry Kusnowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Lazada Indonesia, yang baru saja meluncurkan chatbot Lazada IM Shop Assistant atau LISA, melihat seiring dengan perkembangan bisnis sebuah toko onlije, semakin banyak juga pelanggan yang bertanya sehingga tidak jarang membuat penjual kewalahan.

Pemilik toko online Senzamor Kids, Hafiz Anugrah Marsya, mengatakan ada kalanya dia kesulitan membagi waktu untuk siaga melayani pertanyaan konsumen dan mengatur pesanan yang masuk, apalagi jika tidak memiliki admin. Tidak jarang pula konsumen menghubungi ketika malam hari karena mereka baru memiliki waktu belanja online pada saat itu.

“Jadi, ya, kita usahakan untuk segera membalasnya. Apalagi ini juga akan memengaruhi performa toko saya,” kata Hafiz.

Setelah menggunakan chatbot, Hafiz mengaku merasa terbantu karena mesin bisa merespons pertanyaan konsumen sehingga penjual bisa fokus untuk mengelola toko. Chatbot akan mengalihkan konsumen kepada admin toko ketika pertanyaan unik atau kompleks.

“Saya jadi bisa lebih fokus untuk mengatur toko, mengelola stok, hingga memenuhi pesanan pelanggan tanpa takut performa toko saya turun karena lupa atau lama membalas chat yang masuk,” ujar Hafiz.

Dia juga menilai chatbot membantu pengelolaan toko online menjadi lebih efisien terutama pada musim kampanye atau promosi belanja online, ketika banyak pertanyaan yang masuk.

“Kita jadi bisa lebih fokus dengan penjualan tanpa khawatir dengan risiko chat yang terlewat. Jualan jadi makin efisien dan pelanggan pun merasa puas,” kata Hafiz.

Jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan sebuah toko, dia cenderung menjadi pelanggan setia toko tersebut. Penggunaan chatbot bisa membantu penjual meningkatkan layanan kepada konsumen, memperkuat kehadiran toko dan merek sehingga bisnis bisa terus berkembang.

5 Trik Gaet Pelanggan Lebih Banyak di Online Food Delivery

Ermawanto, pemilik Yellow Chicken, puji Iklan GoFood kembangkan bisnisnya. Pendaftaran mudah, iklan strategis, dan diskon tarik pelanggan baru.

Baca Lebih Lanjut

Penerjemah Berbasis AI DeepL Pro Hadir di Indonesia

DeepL Pro, layanan penerjemah berbasis AI, tiba di Indonesia.

Baca Lebih Lanjut

WhatsApp Miliki Lebih dari 500 Juta Pengguna di Fitur Saluran

CEO Meta Group Mark Zuckerberg umumkan fitur "Saluran" WhatsApp capai 500 juta pengguna bulanan. Respons positif pengguna Indonesia menunjukkan kepuasan

Baca Lebih Lanjut
Visi Global Teknologi
LinkedinFacebookTwttier

Legal

Privacy Policy
Visi Global Teknologi

Copyright © 2023 Visi Global Teknologi. All rights reserved.